Watch online live TV streaming

Online Live TV Streaming - Indonesia

Jumat, 07 Agustus 2009

Optimasi Sistem

Hello… ketemu lagi nih, pada posting kali ini ada trik untuk mengoptimasi Windows XP anda, trik-trik kali ini meliputi perubahan pada registry, jadi sebelum melakukan perubahan disarankan membackup dulu seluruh Registry. Trik kali ini meliputi :
Membersihkan Memori dari File DLL, membuat windows makin responsif tanpa animasi dan menambah cache NTFS. Ketiga trik ini ditujukan untuk dapat membuat Windows lebih teroptimasi dan lebih responsif dalam menjalankan program. Selamat mencoba!

Bersihkan Memori dari File DLL

Windows memiliki Dinamic Link Library (DLL) yang berfungsi sebagai perpustakaan bagi program-program windows. Biasanya, perpustakaan ini akan diletakkan pada memori agar program yang membutuhkannya bisa mengaksesnya lebih cepat ketimbang disimpan di hardisk. Sayangnya, seringkali file DLL yang berada di memori tidak juga disingkirkan meski sudah tak lagi dibutuhkan. Kondisi ini dapat mengakibatkan adanya pemborosan pada memori, apalagi jika kapasistas memori yang Anda gunakan tidak cukup besar. Untuk mengatasinya, ikuti langkah berikut ini :

1. Jalankan Redistry Editor.
2. Masuklah ke subkey My Computer\HKEY_LOCAL_ MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer
3. Klik EDIT > NEW > KEY pada jendela Redistry Editor untuk membuat sub key baru di bawah key Explorer.
4. Beri nama sub key baru tadi dengan nama AlwaysUnloadDLL
5. Klik dua kali name (Default), kemudian isikan string value tersebut dengan nilai 1.
6. Tutup Registry Editor kemudian restart windows Anda.

Makin Responsif Tanpa Animasi

Animasi di XP tampil dengan sangat menarik. Dengan animasi segala obyek akan tampil lebih hidup, interaktif dan menarik. Demikian pula di Windows, Microsoft menciptakan animasi-animasi kecil yang akan bereaksi jika Anda melakukan aksi tertentu.
Berbagai animasi kecil yang Anda lihat di Windows mungkin Anda anggap remeh. Namun jika kartu grafis komputer anda pas-pasan, nampaknya sudah saatnya Anda mematikan animasi yang ada. Dampaknya yang didapat cukup signifikan, Windows akan lebih responsif seusai mengaplikasikan trik ini. Langsung aja mari kita simak langkah-langkah di bawah ini :

1. Klik Start > Run… kemudian ketikkan regedit klik OK.
2. Pada jendela Registry Editor yang muncul, masuklah ke subkey My Computer\HKEY_CURRENT_USER\ControlPanel\Desktop\WindowMetrics.
3. Carilah dan klik ganda string value dengan nama MinAnimate.
4. Ubahlah value data yang sebelumnya bernilai 1 menjadi 0.
5. Tekan OK, kemudian tutup Registry Editor.
6. Restart Windows.

Tambah Cache NTFS

Windows Xp dan Vista sebagai sistem operasi yang mampu beroperasi di atas file sistem NTFS, akan selalu membuat cache yang berfungsi adalah untuk menampung informasi mengenai file yang terdapat di dalam sebuah folder. Ketika anda membuka sebuah folder, Windows akan mengumpulkan semua informasi yang didapat dari folder tersebut kedalam sebuah file cache. Informasi di dalam cache ini akan digunakan jika anda membuka folder yang sama di lain waktu. Cara ini akan sangat menguntungkan sebab folder akan terbuka lebih cepat, tidak perlu lagi membaca isi file yang terdapat dalam folder yang sama. Dengan memperbesar daya tampung cache ini, tentu kecepatan Windows anda dalam membaca sebuah folder akan sedikit meningkat.

Lakukan langkah berikut untuk memperbesar cache di Windows Anda.
1. Buka Registry Editor (seperti biasa itu lho….!!)
2. Masuklah ke subkey HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Filesystem
3. Pada subkey FileSiystem, klik kanan mouse di bagian kanan window,kemudian pilih New > DWORD Value.
4. Beri nama DWORD Value tadi dengan nama NtfsMftZone Reservation.
5. Klik kanan DWORD Value NtfsMftZone Reservation ini, kemudian pilih Modify.
6. Isikan value data yang diminta dengan nilai 2.
7. Tekan OK, tutup jendela Registry Editor, lalu restart PC.
PERHATIAN! Gunakan trik ini hanya jika anda menggunakan fila system NTFS.

NB: Trik-trik di atas pada setiap langkah terakhir akan dilakukan restart windows, dimaksudkan agar perubahan terhadap registry terjadi setelah restart. Namun ada sedikit trik lagi, anda juga bisa LOG OFF dan kemudian Log On kembali, untuk mendapatkan efek perubahan registry (tanpa restart)

Kurangi Beban Start Up
Banyaknya program yang terinstal pada Windows bisa membikin komputer anda terasa semakin lambat saat start up. Hal ini biasa terjadi karena program-program yang Anda instal tersebut menambahkan beberapa perintah untuk menjalankan program tertentu pada registri. Jadi, tidak aneh jika komputer Anda perlu waktu yang lebih lama sebelum siap untuk digunakan. Bila kesabaran Anda menunggu start up Windows sudah benar-benar habis, ada baiknya anda menghapus beberapa entri pada key Run di registri. Entri yang dapat dihapus bisa berupa perintah-perintah yang tidak penting. Langkah lengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Klik [Start] > [Run], lalu ketik Regedit pada kotak dialog Run. Untuk Windows Vista, ketik Regedit langsung pada menu Start.
2. Masuklah ke key HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Run di Registry Editor.
3. Hapus beberapa perintah yang anda anggap tidak perlu dijalankan saat start up, dengan mengklik kanan mouse pada bagian Name kemudian pilih [Delete].
4. Kemudian masuklah ke key HKEY_CURRENT_USER\ Software\Microsoft\Windows\Current Version\Run.
5. Lakukanlah hal yang sama dengan langkah 3. Fungsi dari sebuah perintahatau nama program yang akan dijalankan dengan perintah tersbeut, biasanya dapat anda ketahui dari bagian name perintah tersebut. Apabila anda tidak ingin mengeksekusi semua program saat start up, Anda boleh mengosongkan subkey Run.
6. Setelah itu tutup windows Registry Editor dan Restart komputer anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar